Dr. Roy Valiant Salomo, M.Soc.Sc., merupakan seorang Fasilitator Indonesian Insititute for Public Governance dan pengajar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA-UI) pada mata kuliah Reformasi Administrasi, mata kuliah Kebijakan, Tata Kelola dan Kelembagaan pada jenjang S1, mata kuliah Kebijakan Publik, mata kuliah Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik, dan Isu-isu Kontemporer Reformasi Administrasi pada jenjang S2, dan mata kuliah Teori dan Praktik Reformasi Administrasi pada jenjang S3.

Selain menjadi pengajar FIA-UI, saat ini Roy V. Salomo banyak memberikan pelatihan Kebijakan Publik untuk POLRI, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui LPEM-UI. Roy juga pernah menjadi narasumber pada Kementerian Dalam Negeri dalam merevisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, narasumber pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam pembuatan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, serta menjadi anggota tim pembuatan Road-Map Reformasi Birokrasi periode 2019-2024, menjadi pembicara pada sejumlah seminar nasional dan internasional, serta penulis jurnal nasional maupun internasional.

Gelar Sarjana Ilmu Administrasi Negara diperoleh Roy di Universitas Indonesia. Gelar Master of Social Science pada University of Birmingham, United Kingdom. Serta gelar Doktor pada Universitas Indonesia. Roy juga mengikuti berbagai pelatihan nasional dan internasional, seperti Public Private Partnership di Washington D.C, Amerika Serikat; Decentralization di Franfurt, Jerman; Public Expenditure Management di Tokyo, Jepang; Privatization di Monash University Melbourne dan University Governance di Melbourne University, Australia; dan Case Writing di Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat ini Roy bergabung (ikut mengelola) Habibie Institute for Public Policy and Governance Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Kualifikasi

Sarjana Ilmu Administrasi Negara (S.A.N) – Universitas Indonesia

Master of Social Science (M.Soc.Sc)  – University of Birmingham

Doktor Ilmu Administrasi Negara (Dr) – Universitas Indonesia