Pan Mohamad Faiz merupakan Peneliti, Asisten Yudisial, dan Penulis Pidato Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Faiz memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia dan meraih gelar Master of Comparative Law dengan konsentrasi comparative constitutional law di Fakultas Hukum, University of Delhi. Faiz mengajar Hukum Tata Negara untuk mahasiswa pascasarjana di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan universitas swasta lainnya sejak tahun 2008.

Saat ini, Faiz adalah Wakil Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APNHTN-HAN) untuk wilayah DKI Jakarta; Pengurus Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum Indonesia (APJHI); Anggota Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO) di bawah pembinaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Faiz juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pakar Ikatan Sarjana Hukum Indonesia (ISHI) dan juga menjadi Manajer di Jimly School of Law and Government. Pada tahun 2012, ia menjadi Peneliti di Centre for Public, International and Comparative Law (CPICL) di Australia. Di awal tahun 2012, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menganugerahi Faiz program utama pertukaran profesional yang dikenal sebagai the International Visitor Leadership Program (IVLP) atas pencapaian dan kontribusinya yang luar biasa. Faiz dilatih secara profesional dalam ‘ProCuria Program for Legal Officers’ di Hague University, Belanda (2017) dan ‘Leadership in Court Governance’ dari Singapura (2017).

Selain berprestasi di bidang akademik, Faiz juga dikenal sebagai aktivis mahasiswa baik di tingkat nasional maupun internasional. Ia pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2004-2005) dan Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia di India atau PPI India (2007-2008). Faiz juga salah satu pendiri Forum Lintas Generasi (FLG, Depok), Overseas Indonesian Students Association Alliance tahun 2007 (OISAA atau PPI Dunia), Institute of Indonesian Law and Governance Development (IILGD, Jakarta). Faiz juga pernah menjadi President of University of Queensland Indonesian Students Association (UQISA) periode 2013-2014, Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPI Australia) periode 2014-2015 dan Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia atau OISAA) periode 2014-2015.

Kualifikasi

  • Sarjana Hukum (S.H.) – Universitas Indonesia
  • Master of Comparative Law (M.C.L) – University of Delhi
  • Doctor of Philosophy (PhD) degree in Constitutional Law – TC Beirne School of Law, the University of Queensland, Australia